Budidaya Ikan Guppy sedehana

                             Coba- coba budidaya Ikan Guppy,
 
Pertamakali saya mencoba budidaya ikan Guppy di Kantor, Rumah dan Pot bunga yang berisi Air. ini hanya sekedar Hobi dalam Hidup saya, untuk lebih lanjut mari kita Pahami apa itu Ikan Guppy
                   
               Ikan guppy adalah salah satu jenis ikan hias yang awalnya berasal dari ikan liar. Karena ikan guppy memiliki karakteristik dasar yang indah, maka ikan tersebut dikembangbiakkan dan disilangkan dengan jenis ikan lainnya.
Ikan guppy atau Poecilia reticulata merupakan ikan yang mudah membiak. Habitat asli ikan guppy di danau-danau dan sungai berair tenang. Ikan ini bisa juga bertahan di air payau yang memiliki kadar garam tinggi.
Ikan guppy berasal dari wilayah Amerika Tengah dan Selatan. Masuk ke Indonesia pada tahun 1920-an sebagai ikan akuarium. Kemudian lepas ke alam bebas dan berkembang biak dengan cepat. Ikan guppy bisa ditemukan di hampir seluruh perairan air tawar di Indonesia.
           Berikut ini peralatan yang dibutuhkan untuk budidaya ikan guppy, antara lain wadah/tempat, aerator dan tanaman air. Wadah untuk pemijahan ikan guppy bisa berupa akuarium, bak semen, atau ember plastik. Perbedaan jantan dan betina bisa diamati dari penampakan fisiknya. Ikan guppy betina bentuknya lebih membulat dengan warna yang cenderung kusam dan tidak memiliki sirip yang menjumbai. Sedangkan ikan jantan memiliki warna yang kontras dan terang, tubuhnya lebih langsing dengan sirip menjumbai. Ukuran tubuh ikan betina lebih besar daripada jantan.



 Jenis- Jeni Guppy 


Guppy Dragon
 

              GUPPY SUPER RED SINGAPORE

                GUPPY FULL PLATINUM


                 GUPPY RED MOZAIC


 

Pemisahaan Indukan 

Sebelum dipijahkan, indukan jantan dan betina dipisahkan terlebih dahulu. Ikan guppy jantan dan betina ditempatkan pada wadah yang terpisah. Wadah diisi dengan air bersih dan diganti setiap 1-3 hari sekali. Pergantian air tidak perlu semua, cukup mengeluarkan sepertiga air dan menambahkannya dengan air baru.

 Pemijan Ikan Guppy
 Sebelum proses pemijahan, isi wadah pemijahan dengan air bersih yang telah diendapkan setidaknya 24 jam. Kedalaman air untuk tempat pemijahan 25 cm. Kepadatan tebar wadah pemijahan tidak lebih dari 30 ekor/100 liter air.




https://www.youtube.com/watch?v=1G4C_8aFDCA
https://www.youtube.com/watch?v=iq3zRUbVHGk&t=83s