Barrang Lompo

Niatnya saya mau pergi mancing tapi karna terkendala dengan cuaca,akhirnya dadakan jadi penonton.
"Kesetaraan Gender di pulau Barrang Lompo"
para Ibu"&dan bapak" yang ada di pulau ini sama-sam sibuk mengurus rumah tang
Mata pencaharian masyarakat disini 60%pedagang,sisahnya nelayan dan pegawai.
Selain dari jenis pekerjaan, saya juga bisa menarik sedikit kesimpulan dengan nalar/kemampuan yang sangat terbatas, mungkin karna Sejarah masyarakat Pulau ini yang dahulunya adalah saudagar dari China yang memperkenalkan sistem perdagang di daerah ini, sehingga masyarakat sudah terbiasa walaupun hanya menjual es manis dan kue lokal (taripang dan sebagainya).

 masyarakat Pulau Baraang Lompo menjual Hasil laut


ga secara bersama-sama dan mencari nafka tanpa membeda"kan pekerjaan, sebut saja intan"kenapaki mau beda-bedakan pekerjaan laki-laki dan perempun, pekerjaan tidak ada jenis kelaminnya), ya bentul juga kata si intan.

      
Pemakaman Kuno di Pulau Barrang Lompo


Kuburan tua. Unik dan penuh pikat. Terapit di antara dua pohon besar—saya (Pohon Beringin) pohon yang akar-akarnya menyatu dengan bangunan cungkup makam. Bagi saya, ini langka. Atau, setidaknya, ajaib. Akar pohon menyesuaikan diri dengan bangunan yang ada, lambat laun menyusun di sela-sela bata, makam yang diatasnya terdapat akar pohon yang membuat saya penasaran, sebuah pertnyaaan besar bagi saya, niat saya hanya satu...saya akan masuk kerumah (Makam) yang ajaib, ditemani oleh ahli kunci Sejarah Pemakaman ini.
Apakah makam ini adalah makam salah satu Penyebaran Islam di pulau barrang Lompo. Semoga Besok bisa dapat Cerita Sejarah Pulau Barrang Lompo.
Menurut informasi yang saya dapatkan dari seorang warga yang tidak ingin menyebutkan identitasnya bahwa pulau ini merupakan pulau yang memiliki kelebihan tersendiri., menurutnya pulau barang Lompo berbentuk seperti bulat telur namun pada peta pulau ini berbentuk telapak kaki. Lebih lengkap dijelaskan bahwa pulau ini terdapat 7 makam wali yang dipercaya keramat oleh masyarakat, makam yang diutamakan yaitu makam syekh Min Alimin Min Salihinmerupakan tokoh penebar islam di pulau ini dan merupakan saudara dariSyekh Ahmad yang berada di Benteng Somba Opu, dan jika ada masyarakat dari daerah mana pun yang akan bersiarah maka makam tersebut merupakan tujuan utama yang harus dikunjungi sebelum bersiarah ke makam-makam yang lainnya
         CATATANSEJARAHPULAUBARRANGLOMPO